Pencarian 

“INOVASI SEDERHANA CARA PENGULITAN KARKAS PADA PEMOTONGAN TERNAK KAMBING/DOMBA” (SHEEP SKINNING MACHINE)

Untuk mendapatkan produk pangan asal hewan segar yang memenuhi kriteria aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH) amat mudah, tidak perlu harus menggunakan cara-cara yang mahal. Hanya perlu memahami prinsip-prinsipnya, mengetahui titik-titik kritisnya, dan mengimplementasikannya dengan baik. Salah satu titik kritisnya adalah saat penanganan karkas setelah pemotongan ternak pada saat proses pengulitan. Pada proses ini karkas ternak seharusnya digantung terlebih dahulu kemudian dilakukan pengulitan dan penanganan yang baik untuk menjaga higienitas daging hasil penyembelihan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan peran ilmuwan dan peneliti untuk menciptakan inovasi baru. Sheep skinning machine merupakan salah satu alat portable sederhana yang praktis untuk mempermudah melakukan pengulitan ternak kecil seperti kambing dan domba. Caranya sangat mudah, cepat, dan praktis, kecepatan mengulitinya bisa kurang dari 1 menit. Cara ini sangat praktis diterapkan pada Rumah Potong Hewan Kambing/Domba dan juga bisa dipakai saat hari raya Idzul Adha serta mudah dipindah-pindah.

SKM 1 

Gambar1. Desain alat Sheep Skinning Machine

 SKM 2

Gambar 2. Dinamo Penggerak

Perangkat alat dan mesinnya didesain dengan sederhana sebagaimana gambar tersebut dibawah ini dan mungkin bisa dimodifikasi lebih lanjut, misalkan dilengkapi dengan tempat penampungan Kulit dan Jeroan sekaligus. Mesin menggunakan dinamo dan tali penggerak yang sangat kuat yang diberikan kait dibagian ujungnya. Sumber tegangan bisa menggunakan aki atau listrik tergantung kekuatan dinamo yang dipakai (gambar 2 dan 4). Bagian batang penarik diberikan roda katrol sebagai jalan tali penarik. Bagian penyangga dilengkapi dengan piston agar daya tarikan menjadi lentur dan sinergis dengan kekuatan mesin penarik (gambar 1). Jika ingin membuat sendiri sebaiknya dikonsultasikan dengan ahli mekanik sehingga kekuatan daya tarik dinamo dan regangan tali penarik cukup seimbang dan berfungsi dengan baik.

Prinsip kerja alat ini cukup mudah yaitu setelah hewan di sembelih dan di potong bagian lehernya, karkas digantung dengan posisi kaki depan dijepit dibawah dan kaki belakang di bagian atas (gambar 3). Setelah itu dilakukan pembelahan kulit bagian kaki depan (memanjang) dan bagian bawah perut hingga pada kaki belakang (kiri-kanan). Tali mesin penarik dikaitkan pada kulit bagian leher kemudian tombol ON di tekan. Secara perlahan kulit akan tertarik dan terkelupas seluruhnya. Untuk memberikan gambaran prinsip kerja alat ini silakan klik peragaan alat di channel you tube berikut : https://www.youtube.com/watch?v=oaCQzP40OB4. Dengan cara ini diharapakan dapat mempermudah dan meringankan pekerjaan proses pengulitan pada kambing/domba.

SKM 4

Gambar 3. Posisi Penggantungan Karkas

 SKM 3

Gambar 4. Karkas Hasil Pengulitan

Karkas yang tangani dengan cara digantung dan tidak bersinggungan dengan lantai merupakan salah satu upaya untuk tetap menjaga higienitas daging yang dihasilkan. Disamping itu disiapkan wadah bersih yang terbuat dari untuk menempatkan daging hasil pemotongan. Karkas hasil pengulitan dilakukan penanganan lebih lanjut dengan mengelurkan jeroan dan di letakkan dalam tempat khusus. Begitu pula bagian kulit dan karkas yang  telah dipisahkan menurut potongannya segera tempatkan dalam wadah yang telah disediakan secara terpisah.  Daging hasil pemotongan tersebut siap di kemas dan di distribusikan. Demikian semoga bermanfaat (puguh’17). 

Sekapur Sirih 

Drh. Syamsul Maarif M.Si

Assalaamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh,

Kami dengan rasa gembira menyambut partisipasi Anda di situs web kami. Sejalan dengan semakin berkembangnya tuntutan masyarakat terhadap fungsi dan peran Kesehatan Masyarakat Veteriner serta seiring kemajuan teknologi informasi saat ini maka situs ini akan kami gunakan untuk melayani dan menghubungkan Anda dengan Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Read more: Sekapur Sirih

 

Polling Kesmavet 

Menjadi Direktorat yang Mampu Mewujudkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Veteriner Profesional dalam Menjamin Kesehatan dan Ketentraman Bathin Masyarakat.

Visi Kesmavet-Paspa

Pengunjung 

We have 32 guests and no members online

Video 

Pengelolaan dan Pelaksanaan Kurban Yang Benar, Aman, dan Nyaman ------------------------------------------------------------- Cara Memilih Hewan Kurban Yang Baik ------------------------------------------------------------- Metode Perobohan dan Pemotongan Hewan (Sapi) ------------------------------------------------------------- Desain Fasilitas Pemotongan Hewan Kurban(Portable) ------------------------------------------------------------- Pemeriksaan Antemortem Postmortem ------------------------------------------------------------- Kesejahteraan Hewan Kurban ------------------------------------------------------------- Nomor Kontrol Veteriner (NKV) ------------------------------------------------------------- Dialog Penerapan Kesejahteraan Hewan ------------------------------------------------------------- Waspada Penyakit Zoonosis ------------------------------------------------------------- Ayam dan Hormon ------------------------------------------------------------- Penggunaan Antimikrobial Yang Bijak -------------------------------------------------------------

Sebaran Pengunjung